Seputar Puasa | TARAWIH 4 RAKAAT

.
loading...
loading...
Tanya: Apakah dpt dibenarkan shalat tarawih 4 rakaat satu kali salam, padahal biasanya shalat sunah 2 rakaat satu salam?
Jawab: Boleh saja 4 rakaat sekali salam. Berdasarkan hadist riwayat Bukhari-Muslim dari Aisyah RA bahwa Nabi SAW tdk menambah shalat baik di bulan Ramadhan atau bulan lainnya dari 11 rakaat. Beliau shalat 4 rakaat, dan jangan tanyakan tentang bagusnya shalat tsb dan ttg panjangnya. Kemudian beliau shalat pula 4 rakaat, dan jgn tanya ttg bagus dan pajangnya shalat beliau itu, sesudah itu beliau shalat 3 rakaat.
(Sumber: Kliping B.Post Tanya jawab Bersama KH Husin Nafarin,M.A.)

Update 21 Agustus 2011 (21 Ramadhan 1432 H)
Dalam kultum shalat Tarawih yang dilaksanakan di masjid saya pada malam pertama (malam 1 Ramadhan): Disebutkan bahwa, umat Islam melakukan shalat Tarawih dengan berbagai macam jumlah rakaat. Semua benar, namun (ditambahkan beliau lagi), bahwa yang namanya shalat malam itu adalah dua rakaat (sekali salam). Sehingga, yang dimaksudkan Aisyah dalam kutipan hadist Bukhari-Muslim tersebut adalah Nabi SAW shalat dengan dua rakaat sekali salam. "Jadi, kita ikuti yang paling mendekati kebenaran, delapan rakaat dengan dua rakaat sekali salam."
Demikian, wallaahu a'lam.

loading...
. Artikel Terbaru:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Terbaru

.